Sepi di luar. Sepi menekan-mendesak.
Lurus kaku pepohonan
sampai ke puncak.
Setan bertempik
Ini sepi terus ada. Dan menanti!

Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya?

Penghabisan kali itu kau datang
membawa karangan kembang
mawar merah dan melati putih :
darah dan suci.
Kau tebarkan depanku
serta pandang yang mematikan : Untukmu.

Sudah itu kita sama termangu,
saling bertanya : Apakah ini?
Cinta? Keduanya tak mengerti.
Sehari itu kits bersama. Tak
hampir menghampiri.

Ah! Hatiku yang tak mau memberi.
Mampus kau dikoyak-koyak sepi.

Macam-macam Formula pada Excel

Tugas 1

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Dan Microsoft Excel juga bisa dikatakan merupakan kalkulator super canggih. Akan tetapi, kita juga perlu mengetahui rumus – rumus yang digunakan.

· Rumus yang akan dibahas ialah rumus dasar saja, meliputi PRODUCT, ROUND, COUNTA, dan COUNTBLANK.
antara lain contohnya sebagai berikut :

Fungsi PRODUCT

Menghasilkan perkalian bilangan yang terdapat dalam suatu range.
Bentuk fungsi adalah sebagai berikut :
=PRODUCT(number1;number2;……;number255)
=PRODUCT(alamat range)
Keterangan :
• Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel referensi yang berisi angka . Excel mengijinkan Anda mengisikan sampai dengan 255 argumen atau referensi sel.
• Sebelum number selanjutnya selain titik koma (;) dapat juga menggunakan koma (,) , tergantung sistem yang terdapat pada computer.
(more…)

MENAHAN dan MENGENDALIKAN DIRI

A. DAYA TARIK DUNIAWI
Manusia hidup di dalam dunia yang begitu banyak daya tariknya. Inilah godaan besar bagi manusia, yang entah darimana pun datangnya, jelas tujuannya mau menguasai dan merusak kehidupan manusia. Bahaya bagi orang beriman apabila dia tidak bisa mengambil jarak yang tepat terhadap dunia, terlebih lagi kalau memandang dan memperlakukan dunia sebagai hal yang utama dan segalanya baginya. Apa yang dkatakan disini bukan dimaksudkan agar membenci dunia dan merusak segala daya tariknya. Yang mau dikatakan adalah agar kita tidak menjadikan dunia ini, dengan segala daya tariknya dengan sebagai segalanya bagi kita, sehingga seluruh perhatian dan perjuangan kita hanya terbatas untuk meraih kenikmatan sebanyak mungkin dengan melupakan dasar dan tujuan luhur kita sebagai orang beriman. Kenyataan menunjukkan bahwa akiba kenikmatan dunia ini, banyak orang malah jadi rusak, dan semakin jauh dari hakekat keberadaan yang sebenarnya.
Walau ada banyak daya tarik yang merupakan godaan bagi manusia, namun pada bagian berikut hanya disinggug 3 hal yang tergolong paling kritis dalam kehidupan seorang manusia. Tiga hal yang dimaksud Read the rest of this entry

Hobi..oh Hobiii..

Engga yang ampe nguras tenaga banget kok! Tapi yang jelas harus ditempat yang tenang dan sunyi setiap kali kalo mau ngelakuinnya. Weittss, jangan ngira negative sama saya, ini tuh hal yang positif kok!!.. Disamping menyanyi, saya suka baca juga. Ya baca bacaan yang ringan-ringan dan yang engga terlalu nguras pikiran banget, misalnya baca koran, novel, teenlit books, cerpen, motivation books, dan bacaan ringan lainnya.

Read the rest of this entry

Pendahuluan Pengajaran Microsoft Excel

Widgets WordPress

Jaringan dan Software pada Komputer

Jaringan
A. Sejarah Jaringan

Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency).
Pada pertengahan tahun 1980an, komputer mulai dijadikan bagian dari jaringan komputer.
Penggunaan jaringan digunakan untuk berbagi pakai (sharing) sumber daya, misalnya: file server, printer, dll. Perkembangan jaringan meningkat, pada saat ditemukannya World Wide Web (www) pada tahun 1990an.
Jaringan menjadi alat komunikasi yang handal dengan beragam teks, gambar, video, dan suara untuk membawa informasi.
B. Pengertian Jaringan

Jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan.
Read the rest of this entry

Beberapa Ciri Bahasa Indonesia Baku

Karena wilayah pemakaiannya yang amat luas dan penuturnya yang beragam, bahasa Indonesia pun mempunyai banyak ragam. Berbagai ragam bahasa itu tetap disebut sebagai bahasa Indonesia karena semua ragam tersebut memiliki beberapa kesamaan ciri. Ciri dan kaidah tata bunyi, pembentukan kata, dan tata makna pada umumnya sama. Itulah sebabnya kita dapat saling memahami orang lain yang berbahasa Indonesia dengan ragam berbeda walaupun kita melihat ada perbedaan perwujudan bahasa Indonesianya.

Di samping ragam yang berdasar wilayah penuturnya, ada beberapa ragam lain dengan dasar yang berbeda, dengan demikian kita mengenal bermacam ragam bahasa Indonesia (ragam formal, tulis, lisan, bidang, dan sebagainya); selain itu ada pula ragam bidang yang lazim disebut sebagai laras bahasa. Yang menjadi pusat perhatian kita dalam menulis di media masa adalah “bahasa Indonesia ragam baku”, atau disingkat “bahasa Indonesia baku”. Namun demikian, tidaklah sederhana memerikan apa yang disebut “ragam baku”

Bahasa Indonesia ragam baku dapat dikenali dari beberapa sifatnya. Seperti halnya dengan bahasa-bahasa lain di dunia, bahasa Indonesia menggunakan bahasa orang yang berpendidikan sebagai tolok ukurnya. Ragam ini digunakan sebagai tolok ukur karena kaidah-kaidahnya paling lengkap diperikan. Pengembangan ragam bahasa baku memiliki tiga ciri atau arah, yaitu:

Read the rest of this entry

Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
Read the rest of this entry

“Engga Mau Buang Waktu”

 

 

Telilililit. “Halo”. (Yang diseberang telepon) “halo, kakak?”

“Kak, besok kita mau ajak anak-anak rekreasi, mumpung liburan!”

Itu suara Tante Umi, ade nyokap yang terakhir dari 15 bersaudara. Eitts, jangan kaget. Yang kalian baca barusan benar, nyokap memang punya keluarga besar, lumayan besar, dan atau ya besar, sangat besar. 15 bersaudara terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan, dan nyokap berada di urutan ke-7. Stoopp…! ini bukan cerita masing-masing kakak-adek nyokap. Tapi ini awal cerita liburan gue yang seru.

Kamis. 1 September 2011, tepat anak-anak sekolah masi liburan, termasuk anak-anak dari tante dan inanguda gue(inanguda adalah sebutan untuk gue ke ade nyokap, batak coy!). Pukul 07.00 pagi ini kita udah siap untuk jalan ke Bogor. Ada 3 orang anak dari Inanguda gue( ade nyokap, urutan ke-11). Lya, Malvin, Jose, ya, itu mereka. Umurnya dikira-kira sih 17, 15, 14 tahunan masing-masing. Ada lagi 2 orang anak dari tulang gue, maklum, Batak asli nih! Gabriel, tapi suka dipanggil “dut, dut!” Soalnya dia gendut. Yaiyalah, masa dia dipangil “dut” gara-gara dia buta!(agak garing). Oh iya, yang satu lagi namanya Shella. Umur mereka bocah lah(wong tulang gue ini urutan ke-12) sekitar 12 dan 6 tahun lebih 5 bulan keduanya. Tapi liburan kali ini tulang gue ga ikut, dia ada jadwal piket, jadi cuma istrinya yang gue panggil “nantulang” ( Batak abbess!).

Wheetss, belum selesai absennya, masi ada kira-kira 31 keluarga lagi yang mau ikut rekreasi kali ini. Haha.. becanda deng! Ga kok, paling 12 keluarga lagi. Hehe.. masi becanda deng! Masi ada Mamatua (urutan ke-2) dan anaknya (Chris Sitompul) yang baru saja diwisuda 3 bulan yang lalu. Tante Umi+suaminya yang gue panggil “Uda Les” dan seorang anaknya yang bernama Samuel Sandro Hizkia, terserah mau manggilnya gimana. Umurnya masi ya 3 tahunanlah. Ada juga ade nyokap (urutan ke-9) yang gue panggil “Inanguda Enjel”. Soalnya anaknya namanya Angel. Oh iya, Angel sendiri juga ikut loh. Umurnya masi 14 tahunan. Ada lagi, gue panggil dia juga inanguda (hahay, Batak never die!) dan satu orang anaknya yang bernama Desrial Sihaloho(nama facebook), tapi dia dipanggil “Bang Bangun”. Terus sebenarnya nama Anda siapa? Ga konsisten! Inanguda Bangun ini (karena nama anaknya dipanggil Bangun, panggil aja kaya gitu) bukan asli dari 15 bersaudara itu. Tapi mereka sepupuan. Jadi opung Bang Bangun sama opung gue itu ade kakak. “Sepupuan kan mereka!” Ribet. Dan ingat, ada gue( Laura, 18 tahun) dan nyokap gue.
Read the rest of this entry

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.